PENGANTAR
Berbagai sektor industri sudah pasti memerlukan fungsi administrasi perkantoran untuk pengoperasian dan pelayanan jasanya. Cara pengembangan kompetensi dalam profesi ini juga sangat beragam, tergantung pada kebijakan dan sistem manajemen organisasi. Office administrative memiliki peran penting dalam meningkatkan kinerja organisasi melalui tugas-tugas yang menjadi tanggungjawabnya. Melalui pelatihan sertifikasi BNSP ini, kompetensi office administrative dapat dioptimalkan dan diakui.
MAKSUD & TUJUAN
- Memahami kompetensi kerja yang terkait dengan keahlian dalam bidang layanan Administrasi Perkantoran/Kesekretarisan sesuai dengan Keputusan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi RI No.: Kep. 195/Men/IV/2007 mengenai Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia Sektor Jasa Perusahaan Sub Sektor Jasa Perusahaan Lainnya.
- Mengetahui Standar Kompetensi untuk Office Administrative Assistants dan mampu menjalankan tugas-tugas sesuai dengan Unit Kompetensi yang ditetapkan.
- Implementasi RSKKNI Bidang Administrasi Perkantoran/Kesekretarisan dengan mengacu kepada Ketentuan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Nomor: KEP – 227/MEN/2003 dan Nomor: KEP 69/MEN/V/2004 tentang Tata Cara Penetapan Standar Kompetensi Kerja Nasional, berdasarkan pada kebutuhan industri.
- Memiliki SKKNI Bidang Administrasi Perkantoran/Kesekretarisan yang sejalan dengan praktik terbaik dalam layanan Administrasi Perkantoran/Kesekretarisan dan peraturan yang relevan.
UNIT KOMPETENSI
- N.821100.001.02 | Menangani Penerimaan dan Pengiriman Dokumen/Surat
- N.821100.002.02 | Mengatur Penggandaan dan Pengumpulan Dokumen
- N.821100.003.02 | Menciptakan Dokumen/Lembar Kerja Sederhana
- N.821100.004.02 | Memproduksi Dokumen
- N.821100.029.02 | Melakukan Komunikasi melalui Telepon
- N.821100.030.02 | Melakukan Komunikasi Lisan dengan Kolega/Pelanggan
- N.821100.032.02 | Melakukan Komunikasi Lisan dalam Bahasa Inggris pada Tingkat Operasional Dasar
- N.821100.033.02 | Membaca dalam Bahasa Inggris pada Tingkat Operasional Dasar
- N.821100.034.02 | Menulis dalam Bahasa Inggris pada Tingkat Operasional Dasar
- N.821100.045.02 | Memberikan Layanan kepada Pelanggan
- N.821100.053.02 | Memproduksi Dokumen di Komputer
- N.821100.054.01 | Menggunakan Peralatan Komunikasi
- N.821100.057.02 | Mengoperasikan Aplikasi Perangkat Lunak
- N.821100.058.02 | Mengakses Data di Komputer
- N.821100.059.02 | Menggunakan Peralatan dan Sumberdaya Kerja
- N.821100.060.01 | Membuat Surat/Dokumen Elektronik
- N.821100.061.01 | Mengakses Informasi melalui Homepage
- N.821100.067.01 | Melakukan Transaksi Perbankan Sederhana
- N.821100.073.02 | Mengelola Arsip
- N.821100.075.02 | Menerapkan Prosedur K3 Perkantoran
- N.821100.076.02 | Meminimalisir Pencurian
PERSYARATAN DOKUMEN
- Scan KTP
- Surat Penugasan dari perusahaan/instansi untuk mengikuti uji kompetensi Administrator Kantor.
- Curriculum Vitae (CV) terbaru
- Scan ijazah terakhir
- Portofolio relevan yang dimiliki (Copy SK Pengangkatan Pegawai, Uraian Pekerjaan terkini (Job Desk), dll.)
- Pas foto 3×4 dan 4×6 masing-masing sebanyak 1 lembar berlatar belakang warna merah dan berpakaian rapi (tidak diperbolehkan menggunakan kaos).
- Masing-masing peserta wajib membawa laptop.
METODE PELAKSANAAN
Presentasi, studi kasus, simulasi, evaluasi dan diskusi.
SIAPA PESERTA YANG HARUS HADIR…?
Program ini di kemas dan dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan terkait dengan implementasi dan persyaratan yang diperlukan. Dimana di rekomendasikan untuk di ikuti oleh:
- Front Office atau Administrasi yang berpengalaman di bidang yang terkait.
- Bidang Administrasi Perkantoran dan mempunyai pengalaman kerja di bidangnya.
DURASI
3 Hari (Efektif 14 Jam: 09.00-16.00)
INVESTASI
Normal Class
- Rp 9.300.000/peserta (Harga belum termasuk pajak, pengiriman sertifikat dan promo)
Online Class
- Rp 5.450.000/peserta (Harga belum termasuk pajak, pengiriman sertifikat dan promo)
FASILITAS
Normal Class
- Sertifikat, Modul (soft dan hardcopy), Training Kit (Ballpoint dan Tas Jinjing), Tas Ransel, Jaket, 2x coffee break, foto bersama, dan pelatihan dilaksanakan di hotel yang nyaman.
Online Class
- Sertifikat dan Softcopy Modul
INFORMASI & PROMO
Hub: 021 – 756 3091
Fax: 021 – 756 3291
CONTACT PERSON
0821 3874 5980, 0813 8280 7230, 0812 8931 1641
JADWAL ADMINISTRASI PERKANTORAN SERTIFIKASI BNSP 2024:
- 11-13 Desember 2024 Jakarta
JADWAL ADMINISTRASI PERKANTORAN SERTIFIKASI BNSP 2025:
- 22-24 Januari 2025 Bogor
- 26-28 Februari 2025 Bali
- 26-28 Maret 2025 Surabaya
- 23-25 April 2025 Medan
- 26-28 Mei 2025 Bandung
- 24-26 Juni 2025 Yogyakarta
- 23-25 Juli 2025 Jakarta
- 27-29Agustus 2025 Bali
- 24-26 September 2025 Bogor
- 22-24 Oktober 2025 Surabaya
- 26-28 November 2025 Bandung
- 29-31 Desember 2025 Medan